Review: Love & Miss Adventure by Lang Leav | Transformasi Cinta dan Lara Lang Leav dalam Larik Puisi

Title: Love & Miss Adventure (Cinta & Kesialan-Kesialan)
Author: Lang Leav
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Published: April 2016
Page: 160 p
ISBN: 978-602-03-2564-4
Detail: Goodreads

Mengapa aku suka puisi?

Mengapa aku membaca puisi?

Mengapa kamu suka membaca puisi?

Puisi adalah bahasa. Tugasnya adalah menerjemahkan mimpi-mimpi kedalam dunia nyata. Menafsirkan kenyataan dalam bingkai impian-impian.

Ungkapan diatas merupakan ungkapan yang pernah dikutip oleh Nietzsche dalam suratnya yang diberikan kepada Richard Wagner barangkali bisa digunakan sebagai patokan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang mengapa membaca puisi.

Salah satu buku yang kemarin habis pinjam dari seorang teman berjudul Love & Missadventure (Cinta & Kesialan-Kesialan) karya Lang Leav adalah salah satu buku yang harus dibaca oleh siapapun yang suka akan puisi.

Leav menghadirkan 75 puisi sederhana dan prosa pendek untuk menggambarkan petualangan-petualangan asmaranya. Kebanyakan puisi yang Ia tuliskan merupakan puisi sederhana yang tak banyak kata. Tapi masih mengandung banyak makna.

Seperti salah satu puisinya yang berjudul “Hanya Teman” ini:

“Hanya Teman”

Aku tahu kau bukan milikku,
dan mungkin tak pernah akan,
saat kau bersamanya ada kemarahan,
yang tak berhak didetakkan jantungku.
Aku tahu bukan milikmu,
dan mungkin tak perlu ada harapan,
aku seharusnya tak bersedih dan tertekan,
di akhir pekan kau tak pernah menelephonku.
Kau tak perlu tahu-apa yang membuatku risau,
jika kau didekatku tak akan kutunjukkan,
aku tahu semua ini tak berhak kurasakan,
tapi tak berarti aku tak akan merayau.

Puisi ini terlampir di halaman 17. Sangat sederhana untuk ukuran sebuah puisi yang mengandung makna-makna. Memang dari kesemuanya puisi dan prosa Leav lebih mengambil sudut pandang seorang wanita. Jadi, sepertiku sendiri hampir-hampir membaca satu judul puisi harus berulang sampai 3 kali.

Dalam buku ini yang sudah terjemahan Bahasa Indonesia, puisi Leav dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing adalah Kesialan-Kesialan, Sirkus Duka Cita, dan Cinta. Setiap bagiannya mempunyai keistimewaan tersendiri perihal makna. Bahasanya pun tidak terlalu berat. Masih mudah untuk dicerna dan diambil kesimpulan.

Aku sendiri membaca sampai tuntas buku ini sekitar satu minggu. Padahal satu hari saja dengan secangkir kopi semua puisi dan prosa dalam buku ini akan bisa selesai. Ya begitulah, aku lebih suka berlama-lama membaca buku-buku yang berbau puisi. Itu lebih membuatku merasa nyaman dan lebih bisa menafsirkannya secara luas.

Puisi memang berbeda dengan cerita. Satu bait dalam puisi bisa menafsirkan berbagai makna. Berbagai cerita dan berbagai kejadian-kejadian. Semua bisa muat dalam beberapa bait saja dalam puisi.

Sebagai penikmat puisi. Buku ini sekali lagi aku rekomendasikan untuk kalian-kalian yang suka bercanda-ria dengan syair-syair para pujangga. Buku ini memuat kisah cinta, persahabatan, luka, rindu, penyesalan, pengabaian, pengharapan, dan masih banyak lagi.
Leav tak pernah kehabisan kata tentang cinta. Tak pernah mengulang kata untuk menuai rindu. Tak kurang ide untuk menuliskan luka-lukanya.

Bacalah. Maka kamu akan mengerti puisi Lang Leav. Akan paham jatuh-bangunnya Leav dalam kisah asmaranya.

*Terima kasih Mbak Lia atas kesediaannya meminjamkan buku Love & Missadventure nya. Ditunggu buku-buku lain yang boleh dipinjam.

*Sumber gambar: paintandbutterfliesbooks.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s