Novel Terbaru Seno Gumira Ajidarma Berjudul ‘Drupadi’

drupadi

Awal Februari di tahun 2017 ini, Seno Gumira Ajidarma (SGA) baru saja merilis satu novel yang berceritakan salah satu sosok penting dalam cerita wayang Mahabarata. Sosok tersebut adalah Drupadi. Seorang wanita yang menurut kisah menjadi permaisuri ke-lima pangeran tampan nan tangguh yang dikenal dengan Pandhawa. SGA mengangkat Drupadi menjadi sebuah novel dikarenakan kiprah beliau yang sejak tahun 1983-1984 sudah menekuni cerita-cerita di Mahabarata, salah satunya Drupadi dalam suatu majalah nasional.

Novel ini terbit pada tanggal 9 Februari 2017 dengan Gramedia Pustaka Utama sebagai penerbitnya. Berdasarkan berita-berita yang beredar, novel ini hanya setebal 142 halaman. Berkisah tentang kelahiran, percintaan, dan juga sampai kematian Drupadi.

Saya sendiri mengenal sosok Drupadi baru saja melalui satu bah buku sejarah yang hampir mirip dengan novel berjudul “Mahabarata” karangan Raja Gopalasari. Hanya saja dalam buku ini (Mahabarata), Drupadi tidak diceritakan dengan detail. Penulisnya hanya sebatas bercerita tentang sayembara yang dilakukan oleh ayah Drupadi dalam rangka mempersunting putri cantiknya. Dalam sayembara tersebut, beberapa pangeran yang kuat dan tangguh tidak sanggup menerima tantangan yang telah dipersiapkan oleh ayah Drupadi. Hanya satu pangeran yang ditakdirkan oleh Dewata yang ternyata adalah Arjuna. Arjuna mampu mengangkat busur panah yang berat dan besar serta bisa membidikkan anak panahnya melewati penghalang untuk mengenai target yang sudah ditentukan.

Arjuna pun menjadi pemenang dan berhak memboyong Drupadi menjadi permaisurinya. Namun, nasib berkata lain pada Drupadi. Dia harus menerima empat saudara Arjuna yaitu Yudhistira, Bima, Nakula dan Sadewa menjadi suaminya dikarenakan sumpah mereka untuk saling berbagi sama rata. Drupadi pun akhirnya pasrah mengikuti hasil sayembara dan sumpah anak-anak Dewi Kunthi.

Bila di Islam, banyak kisah yang menceritakan tokoh Ulama terpandang dan masyhur mempunyai lebih dari satu istri dan dikenal sebagai poligami. Maka dalam sejarah Mahabarata, kita akan mengetahui satu kisah yang menceritakan seorang perempuan yaitu Drupadi nmempunyai lima suami yaitu Pandhawa yang dikenal dengan poliandri.

Saya berharap mempunyai kesempatan untuk mendapatkan buku Drupadi karangan SGA ini dan membacanya untuk lebih mengenal sosok Drupadi serta perasaan yang berkecamuk di hatinya karena bersuamikan lebih dari satu. Dikarenakan seorang permaisuri di kerajaan Hastinapura, tentu novel ini akan menggambarkan hal-hal yang baru dan menarik.

Selamat Bang Seno atas terbitnya novel Drupadi. Terima kasih sudah berbagi pengetahuan melalu karya ini.

 

*Sumber foto: hot.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s